Comments system

Minggu, 24 September 2017

Wajib Diketahui Penyakit Yang Rentan Menyerang Terhadap Pria

Wajib Diketahui Penyakit Yang Rentan Terhadap Pria


b-terhangat.blogspot.com - jakarta , Pada beberapa kasus, kaum pria lebih rentan terkena beberapa masalah kesehatan. Beberapa contoh penyakitnya yaitu penyakit jantung, impotensi, keganasan pada paru-paru, AIDS atau HIV. Beberapa penyakit tersebut memang bisa menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Namun, beberapa masalah kesehatan berikut ini adalah yang sering menyerang pria, diantaranya  :

Baca juga : Badan Lemas Usai Hubungan Seks? Minum Ini 

Kesehatan Jantung

Penyakit jantung bisa muncul dengan berbagai cara. Gejalanya bisa berbeda – beda pada setiap orang. Namun dari gejala tersebut, dapat menyebabkan masalah yang serius. Komplikasi yang serius pun bisa terjadi jika penyakit ini tidak segera dideteksi lebih lanjut, salah satunya adalah stroke. Darah tinggi adalah penyebab utama dari stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin melakukan kontrol darah tinggi anda.

Penyakit Pernafasan/ Paru-Paru

Berbagai penyakit pernafasan sangat mungkin menyerang pria. Bermacam-macam penyakit paru-paru bisa terjadi pada pria karena sebagian besar pria merupakan seorang perokok. Batuk menjadi salah satu gejala awal yang paling sering muncul. Seiring berjalan waktu, gejala batuk tersebut dapat disebabkan oleh penyakit yang lebih serius lagi dan bisa menyancam jiwa penderita. Batuk yang bisa menjadi disebabkan oleh penyakit mematikan diantaranya seperti kanker paru-paru, emfisema, atau beberapa penyakit pernafasan lainnya. Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosis terkena kanker paru-paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya. Walaupun kanker paru-paru bisa terjadi karena beberapa faktor, namun merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kanker paru-paru.

Penyakit Akibat Alkohol

Pada jaman modern seperti sekarang ini, mengkonsumsi alkohol memang tidak hanya  dilakukan para Pria, Wanita juga memiliki kebiasaan ini. Namun, beberapa penyakit yang muncul akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan  dalam jangka waktu yang lama sangat berisiko terhadap pria.  Contohnya saja seperti risiko keganasan pada mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan usus besar. Selain itu, alkohol juga dapat menggangu fungsi organ dalam memproduksi hormon pada pria sehingga  dapat mengakibatkan impotensi dan infertilitas.

Penyakit Organ Hati

Hati bagi manusia berfungsi sebagai organ yang mengubah makanan menjadi energi, dan membersihkan tubuh dari zat-zat beracun yang akan menyerang tubuh dari darah. Pada organ hati, terdapat organ kecil yang disebut empdu. Organ tersebut mengeluarkan suatu zat untuk memecah lemak.

Nah, beberapa penyakit organ hati yang paling sering terjadi pada pria adalah sirosis,  hepatitis, sumbatan pada saluran empedu, atau kanker hati dan beberapa penyakit hati lainnya.  Menurut American Cancer Society, alkohol dan tembakau dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit pada organ hati.

Diabetes

Penyakit lainnya yang rentan menyerang pria adalah diabetes. Jika seorang pria mengidap diabetes maka pria tersebut akan mengalami risiko yang lebih besar mengalami impotensi dan kadar testoteron yang rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan yang berlebihan. Namun, hal tersebut tidak menyerang semua pria yang terkena diabetes. Tetapi bila tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf, ginjal, jantung, stroke, masalah pengelihatan hingga kebutaan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memulai dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

Influenza dan Pneumonia

Influenza dan infeksi kuman pneumokokus adalah dua hal yang paling berisiko terhadap kesehatan pada beberapa pria. Seorang pria yang mengalami masalah dengan sistem kekebalan tubuhnya akan rentan terhadap penyakit seperti, diabetes, gagal jantung kongestif, anemia, AIDS, atau kanker. Oleh karena itu disarankan untuk para pria mendapatkan vaksinasi, karena pada pria yang di vaksin akan menurunkan resiko hingga 70% dari penyakit influenza atau pneumonia.

Kanker Kulit

Menurut Skin Cancer Foundation, pria di atas 50 tahun berada pada risiko tertinggi untuk terkena kanker kulit dua kali lipat dibandingkan perempuan. Hal ini dikarenakan pria lebih sering terkena paparan sinar matahari dibandingkan wanita. The Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan untuk mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang, topi, kacamata hitam, dan tabir surya ketika sedang berada di luar rumah. Hal ini untuk menurunkan risiko terkena kanker kulit dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

HIV atau AIDS

Pada awalnya, mungkin para pria tidak menyadari adanya penyakit ini, karena gejala awal HIV mirip sekali dengan gejala flu. Infeksi ini paling banyak berkembang dikalangan gay, biseksual, dan homo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar